Minggu, Oktober 27, 2024

WOW! Kenali Tol Solo-Jogja-YIA Kulonprogo Nyambung ke Jalan Tol Trans Jawa, Bakal Rampung Tahun Depan

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Oke, bro! Gini nih kita bahas proyek tol yang lagi hits, Tol Solo-Jogja-YIA Kulonprogo, yang bakal bikin perjalanan kita makin lancar, apalagi buat mudik. Jadi, proyek ini panjangnya hampir 97 km dan lagi dikerjain super intensif.

Jalan tol ini ngelink dua provinsi, Jawa Tengah sepanjang 35,64 km dan DIY sepanjang 60,93 km. Tujuannya sih biar arus lalu lintas nggak macet dan akses ke tempat-tempat keren di Yogyakarta jadi lebih gampang.

Nah, udah ada bagian yang diresmikan Presiden Jokowi, yaitu ruas Kartasura – Klaten, dan sekarang udah bisa dipake tanpa bayar tarif! Gokil kan? Info dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), proyek ini diurus sama PT Jasamarga Jogja Solo dan dibagi dalam tiga tahap.

Tahap 1: Yang Udah Beroperasi

Di tahap pertama, kita mulai dari Paket 1.1A dari SS Kartasura ke SS Klaten yang panjangnya 22,3 km. Ini udah beroperasi! Terus ada Paket 1.2A dari SS Klaten ke SS Purwomartani yang panjangnya 20,08 km, lagi dikerjain dan udah 59,35% selesai. Ini ditargetkan kelar tahun 2025.

Lanjut ke Paket 2.1A dari SS Purwomartani ke Maguwoharjo (3,62 km) yang baru aja mulai progres di 0,52%. Dan yang menarik, Paket 2.1B dari Trihanggo ke Junction Sleman (3,25 km) udah nyampe 34,19%, ditargetkan kelar setelah 2024.

Tahap 2: Jalan-jalan ke Purworejo

Nah, untuk tahap kedua, ada beberapa paket yang dikerjakan: Paket 3.1 dari Junction Sleman ke SS Gamping (7,25 km), terus ada Paket 3.2 dari SS Gamping ke SS Sentolo (9,85 km), dan Paket 3.3 dari SS Sentolo ke SS Wates (7,99 km). Semua ini ditargetkan kelar di kuartal ketiga 2025.

Tahap 3: Lebih Dekat ke Trihanggo

Terakhir, tahap ketiga bakalan meliputi Paket 2.1 dari Maguwoharjo ke Monjali (5,8 km) dan Paket 2.2 dari Monjali ke Trihanggo (2,95 km). Tahap ini baru mulai setelah tahap kedua rampung.

Nanti, tol Solo-Jogja ini bakalan nyambung ke Jalan Tol Trans Jawa, bikin konektivitas antara tiga bandara utama di Solo, Semarang, dan Jogja makin mantap. Ini juga bakal ngurangin macet di jalan nasional Yogya-Solo, plus bikin akses ke tempat wisata kayak Candi Prambanan jadi lebih gampang. Ekonomi pariwisata juga bakalan ngebut! So, siap-siap deh, gengs, perjalanan kita makin seru!

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Bagaimana Cara Kerja Sonar: Menjelajahi Kedalaman Laut dengan Gelombang Suara

Bagaimana cara kerja sonar - Pernahkah Anda membayangkan bagaimana kapal selam atau kapal nelayan dapat mendeteksi keberadaan ikan...

More Articles Like This

Favorite Post