Sobat, tau gak sih kalau baru-baru ini driver ojek online (ojol), taksi online, dan kurir ngadain demo besar-besaran? Yup, mereka lagi menuntut THR alias Tunjangan Hari Raya yang selama ini mereka ngerasa gak dapet, padahal para driver ini udah kerja keras setiap hari buat nganterin kita ke mana-mana. Penasaran gak sih kenapa bisa sampe demo kayak gitu? Yuk, simak penjelasan dari pengamat yang satu ini.
Kok Bisa Demo Minta THR?
Jadi gini, guys, berdasarkan aturan yang ada sekarang, THR itu cuma bisa diberikan ke pekerja yang punya hubungan kerja dengan perusahaan.
Nah, karena driver ojol dan taksi online ini statusnya lebih ke “mitra” atau “kemitraan” sama platform, mereka gak termasuk dalam kategori pekerja yang bisa dapet THR.
Jadi, meskipun mereka udah kerja keras di lapangan, aturan yang ada gak ngasih mereka hak yang sama seperti pekerja pada umumnya.
Ditha Wiradiputra, seorang pengamat Persaingan Usaha dan dosen Hukum Ekonomi & Teknologi dari Universitas Indonesia, bilang kalau sebenarnya driver ojol dan teman-temannya itu emang gak punya hubungan kerja yang formal sama platform tempat mereka kerja.
Mereka lebih dianggap sebagai mitra, bukan pegawai yang diatur haknya lewat hubungan ketenagakerjaan. Hmm, jadi intinya, walaupun mereka ngerasa kerja keras, aturan hukum yang ada belum ngasih mereka hak untuk dapet THR.
Ditha juga ngasih pandangan soal gimana seharusnya kondisi ini disikapi. Menurut dia, kalau pemerintah atau platform akhirnya setuju buat ngasih THR ke driver ojol, dampaknya bisa gede banget, lho!
Bisa-bisa, ekonomi jadi terdampak, khususnya buat perusahaan yang pake driver ojol sebagai mitra kerja mereka. Pasti banyak pertimbangan yang mesti dipikirin, terutama soal dampak keuangan.
Tapi, bukan berarti gak ada solusi, guys! Ditha malah nyaranin agar perusahaan platform memberikan insentif lebih buat para pekerja online ini.
Jadi, meskipun gak dapet THR resmi, mereka masih bisa dapet tunjangan atau insentif lain yang bisa bantu mereka ngerayain hari raya dengan lebih layak. Tentu aja, insentif ini harus disesuaikan sama kemampuan masing-masing perusahaan.
Gimana Solusinya?
Menurut Ditha, ada beberapa cara buat ngasih kesejahteraan lebih buat pekerja online.
Misalnya dengan kasih bonus, tunjangan, atau insentif lainnya yang bisa bantu driver ojol dan teman-teman kurir tetep ngerasain kebahagiaan meskipun status mereka bukan pekerja tetap.
Dengan begitu, para mitra kerja ini juga bakal ngerasa dihargai meskipun gak dapet THR seperti pegawai pada umumnya.
So, guys, gimana menurut kalian? Emang sih, kerja keras para driver ojol layak banget buat dihargai, tapi karena status mereka sebagai mitra kerja, ya gak semudah itu buat dapet THR.
Yang penting, solusi terbaik buat semua pihak harus dicari, biar driver ojol dan platform sama-sama untung, kan?