Gengs, buat kalian yang lagi cari tahu soal Capaian Pembelajaran (CP) Matematika Fase D di Kurikulum Merdeka untuk kelas 7, 8, 9 SMP/MTS, nih, gue bakal kasih info lengkap plus link download CP dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), beserta contoh-contohnya. Keren kan? Yuk, simak!
Apa Itu Capaian Pembelajaran (CP) dan ATP? Jadi, Capaian Pembelajaran (CP) itu kayak goal atau tujuan yang pengen dicapai siswa setelah proses belajar selesai. CP ini ngebantu guru buat ngecek apakah pembelajaran berhasil atau belum, sekaligus jadi panduan buat nyusun kegiatan belajar yang oke.
Sedangkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) itu lebih kayak peta perjalanan buat ngarahin guru dan siswa supaya bisa nyampe ke tujuan yang udah ditentuin. Jadi, kalau CP itu tujuan akhirnya, ATP itu jalan-jalan yang harus dilalui.
Buat Kurikulum Merdeka, CP dan ATP-nya lebih fleksibel, jadi guru bisa lebih bebas menyesuaikan materi dengan kebutuhan siswa, situasi, dan kearifan lokal. Tapi, ya, untuk implementasinya emang butuh masa adaptasi, karena nggak semua guru dan siswa siap dengan sistem yang baru.
Contoh Capaian Pembelajaran Matematika Fase D:
Gue bakal kasih contoh CP Matematika Fase D buat kelas 7, 8, dan 9 SMP/MTS Kurikulum Merdeka, biar kalian lebih jelas.
Kelas 7
Bilangan:
– Siswa dapat melakukan operasi hitung bilangan bulat, bilangan pecahan, dan bilangan desimal dengan benar.
– Siswa dapat mengubah bentuk pecahan biasa menjadi desimal dan sebaliknya.
– Siswa dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat, pecahan, dan desimal.
Aljabar:
– Siswa dapat menyederhanakan bentuk aljabar yang melibatkan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
– Siswa dapat menyelesaikan persamaan linear satu variabel.
– Siswa dapat membuat model matematika dari masalah sehari-hari.
Pengukuran:
– Siswa dapat melakukan pengukuran panjang, luas, dan volume menggunakan satuan baku dan tidak baku.
– Siswa dapat mengubah satuan panjang, luas, dan volume.
– Siswa dapat menghitung keliling dan luas bangun datar sederhana.
Geometri:
– Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis sudut, garis, dan bangun datar.
– Siswa dapat menghitung besar sudut dalam segitiga dan bangun datar lainnya.
– Siswa dapat melakukan transformasi geometri (translasi, rotasi, refleksi).
Kelas 8
Bilangan:
– Siswa dapat melakukan operasi hitung bilangan berpangkat bulat dan bilangan akar.
– Siswa dapat menyederhanakan bentuk akar.
– Siswa dapat menyelesaikan persamaan kuadrat.
Aljabar:
– Siswa dapat menyusun dan menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel.
– Siswa dapat memfaktorkan bentuk aljabar.
Pengukuran:
– Siswa dapat menghitung luas dan volume bangun ruang sederhana (kubus, balok, tabung).
– Siswa dapat menerapkan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah.
Geometri:
– Siswa dapat membuktikan sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang.
– Siswa dapat menerapkan teorema Pythagoras.
Kelas 9
Bilangan:
– Siswa dapat melakukan operasi hitung pada bilangan real.
– Siswa dapat menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel.
Aljabar:
– Siswa dapat menyusun dan menyelesaikan sistem persamaan linear tiga variabel.
– Siswa dapat menggunakan konsep fungsi untuk menyelesaikan masalah.
Trigonometri:
– Siswa dapat menentukan nilai sinus, cosinus, dan tangen suatu sudut.
– Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan segitiga siku-siku.
Statistika dan Peluang:
– Siswa dapat menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram.
– Siswa dapat menghitung mean, median, dan modus dari suatu data.
– Siswa dapat menghitung peluang suatu kejadian.
Download Link CP dan ATP Matematika Fase D Buat yang pengen langsung download, klik link di bawah ini buat dapetin file CP dan ATP Matematika Fase D untuk kelas 7, 8, 9 SMP/MTS Kurikulum Merdeka:
👉 Klik Di Sini untuk Download CP dan ATP
Jadi, itu dia info lengkap tentang Capaian Pembelajaran Matematika Fase D Kurikulum Merdeka untuk kelas 7, 8, 9 SMP/MTS, beserta link download dan contohnya. Semoga bermanfaat dan makin paham ya! Keep up the good work, guys!