Kamis, Oktober 24, 2024

OMG! Jerman Jadi Korban Terbaru Virus Mpox, Simak Fakta Terbaru Mpox Meluas di Berbagai Negara

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Yo, guys! Kalian udah denger belum soal mpox varian ‘ganas’ yang lagi bikin heboh dunia? Nah, kali ini giliran Jerman yang kena nih, pertama kalinya negara itu deteksi varian mpox clade Ib yang lumayan serem ini.

Berdasarkan laporan dari Robert Koch Institute (RKI), kasusnya udah terkonfirmasi sejak 18 Oktober kemaren. Tapi tenang, RKI bilang risiko buat masyarakat umum di Jerman masih rendah kok. Mereka tetep bakal mantau situasi, jadi nggak perlu terlalu panik, guys!

FYI, Jerman ini jadi negara kedua di Eropa yang dapet “tamu nggak diundang” ini, setelah Swedia yang udah lebih dulu kena pada Agustus lalu. Sebelumnya, wabah mpox ini sempet bikin geger di Afrika, terutama di Republik Demokratik Kongo (DRC) yang jadi asal mula penyebarannya.

Buat yang belum tau, mpox itu penyakit virus yang gejalanya mirip banget sama cacar. Mulai dari demam, badan pegel-pegel, kelenjar getah bening bengkak, sampai ruam yang akhirnya jadi lepuhan.

Ada dua jenis mpox, klade I dan klade II. Nah, yang bikin varian klade I lebih ngeri adalah dia sering banget nyebabin infeksi parah dan angka kematian yang lebih tinggi dibandingin sama klade II. Jadi, yang lagi nyebar di Jerman ini yaa termasuk yang lumayan bahaya, gengs.

Buat gambaran, sejak awal tahun ini, lebih dari 15.600 kasus mpox sama 537 kematian udah dilaporin cuma di DRC aja, ngeri kan? Dan nggak cuma di Afrika, sekarang mpox ini juga udah nyebar ke banyak negara. Swedia, Pakistan, Thailand, dan Filipina udah kedatangan varian ini di luar Afrika.

Nah, waktu varian ini mulai nyebar parah, WHO sempet ngumumin darurat kesehatan global saking was-wasnya sama penyebarannya.

Untungnya, setelah vaksinasi digaspol di banyak negara, angka penyebaran mpox mulai terkendali. Bahkan WHO akhirnya cabut status darurat globalnya pada Mei 2023 kemarin, setelah nyatet ada sekitar 87.400 kasus dan 140 kematian.

Tapi guys, yang bikin varian clade Ib ini makin diwaspadai adalah dia kayak lebih gampang nular lewat kontak fisik yang intens. Ini berarti, kalian tetep harus waspada, terutama buat yang sering kontak fisik deket sama orang lain, termasuk lewat hubungan seksual.

Jadi, intinya, biarpun kasus ini lagi berkembang di beberapa negara, tetep stay cool tapi jangan lengah, ya! Jaga kebersihan, hindari kontak fisik berlebihan kalo nggak perlu, dan selalu pantengin info terbaru dari WHO atau otoritas kesehatan lainnya. Stay safe and stay woke, guys!

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Giring Ganesha: Dari Panggung Musik ke Gedung DPR

Giring Ganesha, nama yang tak asing di telinga pecinta musik Indonesia. Vokalis band Nidji ini telah menorehkan jejaknya di...

More Articles Like This

Favorite Post