Senin, Oktober 21, 2024

Fakta Viral Ayam Berbelatung: Apakah Bahaya Bagi Kesehatan? Dokter Ungkap Fakta Mengejutkan

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Halo, guys! Lagi rame banget nih di medsos soal kasus ayam yang belatungnya sempet ketelen sama salah satu netizen. Kalian pasti udah liat kan video viralnya? Dalam video itu, keliatan belatung nangkring di tulang ayam yang udah hampir habis dimakan. Duh, ngeri ya!

Jadi gini, netizen yang ngunggah video itu bilang di medsos X, “@bacottetangxxx,” dia udah hampir ngabisin ayamnya, tapi eh… pas sadar, belatungnya ikutan termakan! Gimana coba perasaan lo kalo ngalamin hal yang sama?

Nah, buat ngejawab rasa penasaran kita, dr Aru Ariadno, SpPD-KGEH, spesialis penyakit dalam, ngasih penjelasan. Kata dia, sebenarnya sih belatung punya kadar protein yang tinggi (keren sih ya, tapi ga juga kali kalo ketelen!). Tapi, masalahnya adalah belatung ini hidup dari sampah organik, dan itu bisa bawa banyak kotoran kayak bakteri, telur cacing, sampai virus. Kebayang kan?

Jadi, Belatung Bisa Hidup di Perut Kita Enggak, Nih?

Tenang, guys! Menurut dr Aru, kalau belatung ga sengaja ketelen, asam lambung kita yang super kuat bisa langsung ngebunuh belatungnya. Jadi, peluang belatung bisa hidup di dalam tubuh orang sehat tuh kecil banget.

Tapi, jangan seneng dulu! Kalo belatung itu udah terkontaminasi sama telur cacing, wah… lo bisa kena cacingan! Selain itu, kalo daya tahan tubuh lo lagi jelek, bisa juga kena infeksi bakteri atau virus. Efeknya bisa bikin lo muntah, mual, sampe diare gara-gara bakteri kayak E. coli yang ada di belatung itu.

So, guys, hati-hati ya kalo lagi makan, apalagi makanan yang keliatannya ga fresh. Jangan sampe lo ikut-ikutan viral karena nelen hal yang ga seharusnya!

Jaga kesehatan dan tetep waspada, sobat gaul!

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Menguak Rahasia Alat Musik dan Cara Memainkannya

Alat musik dan cara memainkannya - Pernahkah kamu terpesona oleh alunan melodi gitar yang lembut, dentuman drum yang...

More Articles Like This

Favorite Post