Jumat, Oktober 18, 2024

Viral! Kemenag Pastikan Larangan Menikah di Sabtu-Minggu Itu Hoax, Akad Nikah Weekend Aman

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Gengs, baru-baru ini medsos dihebohkan sama video yang ngasih kabar soal larangan nikah di hari Sabtu dan Minggu. Video itu bikin banyak orang bingung dan khawatir, tapi tenang aja, Kementerian Agama (Kemenag) udah mengonfirmasi kalau semua itu hoax!

Jadi, di video yang beredar di Instagram, ada seorang pria yang kelihatannya sebagai penghulu lagi ngejelasin di depan pasangan pengantin. Dia ngomong dengan pengeras suara, dan intinya, mulai 1 Januari 2025, pernikahan di akhir pekan bakal dilarang. Gila, kan? Dia juga bilang KUA (Kantor Urusan Agama) nggak bakal ngeluarin akta nikah buat yang nekat nikah di hari Sabtu dan Minggu, dan harus urus isbat nikah di Pengadilan Agama.

Tapi, setelah diteliti lebih lanjut, ucapan dia ternyata terpotong-potong, gengs! Jadi, informasi yang disampaikan nggak lengkap dan bikin orang-orang salah paham.

Biar Jelas, Kita Tanya Kemenag!

Untuk memastikan kebenarannya, ini informasi langsung konfirmasi ke juru bicara Kemenag, Anna Hasbie. Dan guess what? Anna dengan tegas bilang, “Nggak ada larangan nikah di hari Sabtu-Minggu, itu hoax!” Jadi, kita bisa bernapas lega deh!

Aturan yang Perlu Kamu Tahu!

Sebenernya, dalam Pasal 16 Peraturan Menteri Agama Nomor 22 Tahun 2024, ada ketentuan bahwa akad nikah di KUA cuma bisa dilakukan di hari dan jam kerja, alias Senin sampai Jumat. Tapi, itu bukan berarti kita nggak bisa nikah di hari Sabtu atau Minggu, loh!

Anna juga menjelaskan, “Kalau mau nikah di KUA, ya harus di hari kerja. Tapi, untuk nikah di luar KUA, kayak di rumah atau gedung pernikahan, ya boleh-boleh aja.” So, jangan khawatir, kalian masih bisa ngerayain momen bahagia kalian di akhir pekan tanpa ribet!

Klarifikasi Kemenag di Medsos!

Akun Instagram resmi Bimas Islam Kemenag RI (@bimasislam) juga udah klarifikasi soal berita hoax ini. Mereka bilang, “HOAX! Akad nikah hanya bisa dilaksanakan pada hari dan jam kerja adalah tidak benar.” Jadi, hati-hati ya, guys, sama berita-berita yang belum jelas kebenarannya!

Dengan informasi ini, kalian bisa tenang dan siap-siap nikah di weekend, deh! Yuk, jaga-jaga dari hoax dan selalu verifikasi informasi dari sumber resmi! 🥳✨

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Katalog Promo JSM Indomaret Terbaru Berlaku Hari Ini 18-20 Oktober 2024, Diskon Tisu Beli 2 Gratis dan Sabun Shinzui

Yo, Sobat Indomaret! Siap-siap belanja hemat lagi nih, karena Promo JSM Indomaret terbaru udah hadir buat periode 18-20 Oktober...

More Articles Like This

Favorite Post