Jumat, Oktober 18, 2024

Beneran Kemenag Larang Nikah di Weekend? Ini Penjelasan Kemenag Soal Akad Nikah Sabtu Minggu

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Gengs, ada berita heboh yang lagi viral di medsos! Jadi, ada video seorang cowok yang disebut-sebut sebagai penghulu, bilang kalau mulai 1 Januari 2025, nikah itu dilarang di hari Sabtu dan Minggu. Katanya sih, KUA bakal nolak ngeluarin akta nikah buat yang nikah di akhir pekan. Gila, kan? Lalu, pasangan yang nekat nikah di weekend harus urus isbat nikah di Pengadilan Agama. Hmm, ini beneran apa hoax nih?

Setelah ditelusuri, ternyata video ini bikin orang-orang jadi bingung. Ucapan si cowok itu kedengeran ngaco karena terpotong-potong, jadi narasinya gak jelas. Dan kita perlu tahu nih, apakah ada larangan nikah di Sabtu dan Minggu?

Info yang didapatkan dari juru bicara Kemenag, Anna Hasbie, dan dia bilang dengan tegas, “Nggak ada larangan nikah di hari Sabtu dan Minggu, itu hoax!” Nah, kan!

Fakta di Balik Hoax

Kalau kita merujuk ke Pasal 16 Peraturan Menteri Agama Nomor 22 Tahun 2024, emang bener sih, akad nikah di KUA cuma bisa dilakukan pada hari dan jam kerja, alias Senin sampai Jumat. Tapi, itu bukan berarti kita nggak bisa nikah di hari Sabtu dan Minggu, gengs!

Anna nambahin, “Boleh-boleh aja nikah di Sabtu atau Minggu, asal gak di KUA. Nikah di luar KUA, kayak di rumah atau gedung, ya tetep bisa.” Jadi, siap-siap aja ngebayangkan pesta pernikahan di weekend tanpa harus ribet ke KUA!

Jadi, klaim Kemenag yang bilang nikah di akhir pekan itu dilarang jelas salah, ya! Nikah tetap bisa dilangsungkan di Sabtu dan Minggu, asalkan bukan di kantor KUA. Berita viral ini hanyalah hoax, dan Kemenag udah menegaskan kalau info ini gak sesuai aturan yang berlaku.

Kemenag juga udah klarifikasi di Instagram Bimas Islam (@bimasislam) bahwa berita ini hoax. Jadi, sobat-sobat, selalu verifikasi info dari sumber resmi ya! Jangan sampe terjebak berita palsu yang bikin kita bingung.

Itu dia, sobat! Siap-siap nikah di weekend dengan bahagia tanpa khawatir aturan yang bikin pusing! 🥳✨

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Anna Bikin Keputusan Gila! Spoiler, Jadwal dan Link Nonton Streaming Jangan Salahkan Aku Selingkuh Episode 6A dan 6B

Yo, Sobat series negeri kita! Siapa nih yang lagi gak sabar nunggu episode terbaru serial Jangan Salahkan Aku Selingkuh?...

More Articles Like This

Favorite Post