Sabtu, Oktober 5, 2024

Sejarah dan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024 yang Dibaca Ketua DPR RI, Puan Maharani

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Yo, gengs! Jadi ceritanya Hari Kesaktian Pancasila bakal dirayain lagi nih tanggal 1 Oktober 2024. Buat lo yang belum tahu, hari ini tuh kayak peringatan super penting soal gimana Pancasila jadi tameng buat bangsa kita dari berbagai ancaman. Nah, kali ini ada teks ikrar baru yang dibacain sama Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Oke, kita bedah dulu sejarahnya, sob. Flashback ke tahun 1965, nih. Tepatnya 30 September, ada peristiwa tragis di mana tujuh jenderal TNI diculik.

Sehari setelahnya, 1 Oktober, Mayor Jenderal Soeharto langsung turun tangan, dan yang terkait sama Partai Komunis Indonesia (PKI) langsung disikat habis—ada yang dipenjara, ada yang dibantai, tanpa peradilan.

Sejak saat itu, Orde Baru di bawah Soeharto ngebuat peringatan Hari Kesaktian Pancasila jadi ajang wajib di sekolah-sekolah dari SD sampai SMA.

Nah, yang paling berkesan tiap upacara Hari Kesaktian Pancasila ini adalah pembacaan ikrar. Ikrar ini semacam penegasan kalau Pancasila tetap kuat jadi ideologi negara. Gimana ikrarnya? Nih, kita kasihtau teks ikrarnya:

IKRAR HARI KESAKTIAN PANCASILA

Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan karena kelengahan dan kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara;

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Maka, di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan untuk menggalang kebersamaan guna memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jakarta, 1 Oktober 2024
Atas nama bangsa Indonesia,
Ketua DPR RI,
Dr. (H.C.) Puan Maharani

Gimana, sob? Udah berasa getaran semangatnya, kan? Puan Maharani yang bacain ikrar ini atas nama bangsa Indonesia. Yaudah, sekian dulu update buat ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2024. Jangan lupa resapi maknanya ya, biar kita semua tetep solid di bawah naungan Pancasila!

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Samsung S24 FE: Ponsel Pintar yang Menawarkan Fitur Premium dengan Harga Terjangkau

Samsung S24 FE, si kecil yang penuh kejutan! Siap-siap terkesima dengan smartphone terbaru dari Samsung ini. Jangan...

More Articles Like This

Favorite Post