Senin, September 23, 2024

Apa itu Fenomena Equinox yang Terjadi Hari Ini, Senin 23 September 2024 dan Penjelasan BMKG

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Hey, sobat kepo! Siapa yang udah denger tentang fenomena astronomis yang terjadi hari ini, Senin, 23 September 2024? Yup, kita lagi ngomongin Equinox! Nah, buat kalian yang penasaran, yuk kita bahas tuntas apa sih Equinox itu dan dampaknya di Indonesia!

Apa Itu Equinox?

Equinox adalah momen ketika matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa. Jadi, di seluruh dunia, siang dan malam punya durasi yang hampir sama, yaitu sekitar 12 jam! Keren, kan?

Fenomena ini terjadi dua kali setahun, gengs. Yang pertama itu di bulan Maret, yang menandakan awal musim semi di belahan bumi utara dan musim gugur di belahan bumi selatan. Nah, yang kedua, yaitu yang sekarang, menandakan awal musim gugur di belahan utara dan musim semi di belahan selatan.

Dari sisi ilmiah, Equinox bikin matahari bersinar lebih optimal di wilayah tropis, termasuk Indonesia.

Namun, BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) menegaskan bahwa Equinox bukanlah penyebab dari suhu panas yang belakangan ini kita rasakan.

Jadi, jangan salah paham, gengs! Meski sinar matahari lebih terfokus, ini bukan berarti kita bakal kepanasan ekstrem.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, bilang kalau fenomena ini adalah hal yang alami dan terjadinya berkala.

Ia juga mengingatkan kita untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh berita-berita yang menyesatkan. Equinox itu aman, dan bukan penyebab gelombang panas yang bikin kita merasa terbakar saat jalan di luar.

Jadi, gaes, Equinox itu seru banget, ya! Selain jadi momen langka, kita juga bisa menikmati siang dan malam yang hampir seimbang. Dan yang paling penting, tetap tenang dan jangan panik dengan suhu panas yang ada—itu bukan karena Equinox!

Nah, udah paham kan sekarang? Gimana? Ada yang mau ditanya lebih lanjut? Biar kita bisa ngobrol lebih seru lagi, jangan ragu buat tanya-tanya!

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Farhat Abbas: Pengacara Kontroversial dan Tokoh Publik

Profil Farhat Abbas Farhat Abbas, nama yang tak asing di telinga masyarakat Indonesia. Pengacara kontroversial ini dikenal karena gaya bicaranya...

More Articles Like This

Favorite Post