Minggu, September 15, 2024

Viral Kampung Mati di Jogja, Kenapa sih Kok Bisa Jadi Kampung Hantu? Cek Lokasi dan Alasannya

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Gimana kabarnya, guys? Siap-siap, karena kita bakal bahas satu berita yang lagi heboh banget di media sosial nih! Ada yang tahu tentang “kampung mati” di Yogyakarta? Nah, ternyata ada cerita seru di balik kampung yang jadi sepi ini. Yuk, kita kulik bareng-bareng tentang Viral Kampung Mati di Jogja, Kenapa sih Kok Bisa Jadi Kampung Hantu? Cek Lokasi dan Alasannya.

Jadi, Kenapa Bisa Ada Kampung Mati?

Viral banget di media sosial, ada video yang nunjukin rumah-rumah kosong di Padukuhan Watugedug, Guwosari. Video ini bikin banyak orang pada penasaran, ada apa sih dengan kampung ini?

Ternyata, kampung mati ini bukan cuma fenomena instan. Rumah-rumah kosong ini udah lama banget, dan sebenernya ada alasan kuat di balik semua ini.

Awal Cerita: Proyek Gede-Gedean

Ternyata, kampung mati ini ada hubungannya sama rencana pembangunan kampus kedua UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Proyek mega ini udah dimulai dari tahun 2013, dan lahan seluas 73 hektare bakal dipake buat kampus baru.

Proses pembebasan lahan dimulai sejak tahun 2015, dan terus berlanjut hingga 2017. Warga yang dulu tinggal di kampung ini mulai meninggalkan rumah mereka satu per satu.

Rumah Kosong Jadi Viral!

Pada tahun 2019, kampung ini bener-bener ditinggalin sama penghuninya. Rumah-rumah yang dulunya rame sekarang malah kosong, bikin penasaran banyak orang.

Selama pandemi, beberapa rumah bahkan sempat dijadiin shelter darurat buat penanganan COVID-19. Meskipun udah ditinggalin, rumah-rumah ini masih ada tanda-tanda kehidupan lama, kayak nomor rumah yang masih disemprot cat merah.

Lokasi dan Status Terkini

Jadi, kampung mati ini berlokasi di Pedukuhan Kembang Putihan, Guwosari, Bantul. Kampung ini adalah lahan milik UIN Sunan Kalijaga yang bakal dikembangkan jadi kampus baru. Jadi, ya, lahan ini emang gak dibuka untuk umum.

Penyebab utama kenapa kampung ini jadi kosong adalah karena proses pembebasan lahan buat pembangunan kampus. Warga yang tinggal di kampung ini harus pindah, dan rumah-rumahnya dibiarkan kosong.

Gimana, guys? Ternyata, di balik kampung mati ini ada cerita besar tentang pembangunan yang bikin semua orang penasaran. Jadi, kalau kalian lewat sana, jangan kaget kalau liat rumah-rumah kosong yang jadi viral ini!

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Sabrina Carpenter: Bintang Muda Berbakat di Musik dan Film

Sabrina Carpenter: Karier Musik Sabrina Carpenter, seorang penyanyi, penulis lagu, dan aktris Amerika, telah menapaki jalan panjang dalam industri hiburan,...

More Articles Like This

Favorite Post