Jumat, September 13, 2024

Viral di Medsos, Ini Arti dan Asal Usul ‘Peringatan Darurat’ Garuda Biru, Terkait ke Orde Baru?

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Gais, kalian pasti udah gak asing lagi dengan hype “Peringatan Darurat” yang barusan viral di media sosial, kan? Dengan gambar Garuda Biru yang keren abis, banyak yang penasaran, sebenarnya apa sih makna di balik simbol ini? Dan kenapa sih ini bisa nyambung ke Orde Baru? Yuk, kita kupas tuntas bareng-bareng!

Makna dan Viralitas Garuda Biru

Jadi, apa sih makna dari tulisan “Peringatan Darurat” yang sering kalian lihat di Instagram, Twitter, atau status WhatsApp? Simbol ini awalnya dipakai oleh netizen sebagai bentuk protes terhadap RUU Pilkada yang kontroversial. Masalahnya, Badan Legislasi DPR dianggap membuat keputusan yang bertentangan dengan putusan Mahkamah Konstitusi. Akibatnya, banyak yang ngerasa perlu menyuarakan ketidaksetujuan mereka dengan simbol ini.

Sejarah Garuda Biru dan Kaitannya dengan Orde Baru

Nah, sebenarnya, Garuda Biru ini ada hubungannya dengan tayangan lama dari era Orde Baru, tepatnya tanggal 24 Oktober 1991. Pada masa itu, tayangan ini berisi imbauan darurat yang meminta warga untuk tetap di rumah karena ada dugaan anomali misterius yang mengancam keselamatan.

Tayangan ini mengandung pesan darurat dengan kode “IND-7-1/ANM-021”, yang kalau kita tonton sekarang, rasanya seperti nonton film horor analog. Di YouTube, ada akun EAS Indonesia Concept yang mengunggah ulang tayangan ini pada 22 Oktober 2022, dan ini jadi populer di kalangan penggemar genre Analog Horror.

Jadi, meski tayangan ini dibuat untuk hiburan atau sekadar menakut-nakuti penonton, banyak orang yang belum paham kalau ini bukan berdasarkan peristiwa nyata, melainkan cuma bagian dari konten EAS yang dikemas untuk seru-seruan.

Jadi, gais, meskipun Garuda Biru ini jadi viral dan bikin heboh, jangan lupa kalau sebenarnya ini cuma bagian dari hiburan yang diambil dari masa lalu dan bukan peringatan nyata. Tapi, seneng juga sih lihat kreativitas netizen yang bisa bikin sesuatu jadi viral dengan cara yang seru dan inovatif.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Kerugian Indodax Kena Hack: Dampak dan Pelajaran

Dampak Kerugian Indodax Kerugian Indodax Kena Hack - Kejadian peretasan Indodax pada tahun 2022 merupakan momen yang cukup mengagetkan...

More Articles Like This

Favorite Post