Rabu, September 18, 2024

Merdeka! Link Download Lengkap Teks Pembukaan UUD 1945 dan Pancasila, Siap Upacara HUT RI ke-79

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Hey, guys! Kalian udah siap buat HUT RI ke-79 yang bakal digelar tanggal 17 Agustus 2024 nanti? Nah, upacara bendera udah jadi agenda wajib banget buat kita semua, apalagi di sekolah, kampus, atau kantor. Biar upacara kalian makin afdol, nih ada info keren yang wajib kalian tahu!

Buat yang bakal jadi petugas atau cuma pengen siap-siap aja, sekarang udah bisa download teks Pembukaan UUD 1945 dan Pancasila dalam bentuk PDF. Super praktis, tinggal klik dan simpan deh di gadget kalian. Jadinya, pas upacara nanti, tinggal buka file-nya dan ikutan baca dengan lantang.

Kalau kalian belum tahu, Pembukaan UUD 1945 dan Pancasila ini emang jadi bagian penting banget dalam upacara HUT RI. Biasanya dibaca setelah sesi Mengheningkan Cipta. Jadi, jangan sampai deh lo gak tau, guys!

UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945

PEMBUKAAN

Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Berikut adalah teks lengkap Pancasila

PANCASILA

1. KETUHANAN YANG MAHA ESA

2. KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB

3. PERSATUAN INDONESIA

4. KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN/ PERWAKILAN

5. KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA

Menurut Surat Edaran dari Kemdikbud yang super resmi, pembacaan teks Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 ini jadi bagian penting buat ngingetin kita semua tentang dasar-dasar negara kita yang keren ini. Makanya, banyak netizen yang sibuk cari link download teks lengkapnya biar gak kelupaan pas upacara.

Nah, buat kalian yang udah gak sabar, ini dia link-nya:

Gampang banget kan? Jadi buruan download sekarang juga biar pas hari H, kalian udah siap 100% buat upacara. Bawa gadget kalian, pastikan file-nya udah kebuka, dan yuk bareng-bareng kita rayakan kemerdekaan Indonesia dengan penuh semangat! Merdeka!

 

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Siksa Kubur: Menjelajahi Misteri dan Hikmah di Baliknya

Makna dan Konsep Siksa Kubur Siksa kubur, sebuah konsep yang seringkali membuat bulu kuduk merinding, bahkan bagi mereka yang tak...

More Articles Like This

Favorite Post