Minggu, September 8, 2024

Geger! Roti Aoka Aman, Tapi Roti Okko Bahaya Mengandung Bahan Pengawet Terlarang, Ini Kata BPOM

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Hey guys, kalian udah denger berita terbaru soal roti Aoka dan Okko belum? Ini bener-bener bikin geger sih, terutama buat kita yang suka ngemil roti. Jadi gini ceritanya, BPOM baru aja ngasih update soal hasil uji mereka terhadap roti Aoka dan Okko. Geger! Roti Aoka Aman, Tapi Roti Okko Bahaya Mengandung Bahan Pengawet Terlarang, Ini Kata BPOM.

Ternyata, roti Aoka aman banget buat dikonsumsi sementara roti Okko malah ketahuan ada bahan pengawet terlarang. Yuk kita bahas lengkap biar gak bingung!

Nah, buat roti Aoka, BPOM udah kasih lampu hijau nih! Mereka nggak nemuin bahan pengawet yang dilarang dalam roti ini.

Pengawet yang dipake Aoka adalah asam sorbat dan natrium diasetat, yang ternyata aman buat dikonsumsi. Ini disampaikan langsung oleh Plt Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan, Ema Setyawati.

“BPOM juga menguji roti Aoka, jadi ada beberapa merek roti termasuk Aoka, bahan tambahan pangannya persis seperti yang didaftarkan. Ada asam sorbat, natrium diasetat,” kata Ema.

Roti Okko: Bahaya Guys!

Kalo roti Okko, beda ceritanya. BPOM nemuin kalo produsen roti ini, PT Abadi Rasa Food, pake natrium dehidroasetat, yang biasanya buat pengawet kosmetik. Ini nggak boleh dipake di makanan, guys. BPOM ngasih lampu merah buat roti Okko karena ini.

“Kalau tahun ini kita menemukan Okko. Jadi di sarana produksi yang diinspeksi tanggal 2 Juli 2024, inspeksi Badan POM dilakukan berbasis risiko. Pada 2 Juli 2024 ini ditemukan penerapan CPPOB-nya (Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik) nggak benar, nggak konsisten,” ucap Ema.

Kenapa Roti Aoka Bisa Tahan Lama?

Buat kalian yang penasaran kenapa roti Aoka bisa tahan lama, ternyata ini karena teknologi pengawetan yang dipake. BPOM bilang, selain dari bahan pengawet yang aman, proses pengawetan kayak sterilisasi dan pasteurisasi juga ngebantu bikin roti ini awet.

“Intinya tentang masa simpan, bahwa di pangan itu ada teknologi pengawetan. Macam-macam teknologi pengawetan bisa diberikan pengawet itu sendiri, bisa dengan cara produksi bahan-bahan yang baik teknologi pengawetan pemanasan, kita punya sterilisasi, kita punya pasteurisasi, dan teknologi yang lain,” jelas Ema.

Kalo kalian udah terlanjur makan roti Okko dan ngerasa nggak enak badan, mendingan langsung periksa ke fasilitas kesehatan terdekat. Pengawet kosmetik yang ada di roti Okko bisa bikin reaksi alergi dan rasa nggak nyaman di saluran cerna, apalagi buat yang punya riwayat hipersensitivitas.

“Jadi kalau sudah kadung mengonsumsi dan ada riwayat hipersensitivitas, segera ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan pertolongan,” saran Ema.

Penarikan dan Pemusnahan Roti Okko

BPOM juga udah narik dan musnahin roti Okko sebagai tindakan tegas. Mereka nyuruh masyarakat buat nggak konsumsi roti ini dulu sampai ada perbaikan dari produsennya.

“Masyarakat diminta tidak konsumsi Okko dulu supaya dia melakukan perbaikan-perbaikan,” pungkas Ema.

So, guys, stay safe ya! Selalu cek lagi produk yang kalian beli biar nggak kejadian hal-hal yang nggak diinginkan. Tetap waspada dan jaga kesehatan!

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Indonesia: Menjelajahi Negeri Seribu Pulau

Indonesia, negeri khatulistiwa dengan sejuta pesona, bagaikan sebuah mozaik raksasa yang dihiasi oleh aneka warna budaya, tradisi, dan alam....

More Articles Like This

Favorite Post