Kamis, September 19, 2024

Ratusan Ribu Siswa Harus Verifikasi Ulang KJP Plus, Hasilnya Malah KJP Plus Dibatalkan Karena Alasan Nggak Masuk Akal

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Hai guys! Ada kabar terbaru nih buat kalian semua. Pasti kalian udah nggak asing lagi kan dengan Kartu Jakarta Pintar alias KJP Plus? Yup, itu lho program beasiswa kece dari Pemprov DKI Jakarta buat bantuin siswa-siswi yang kurang mampu.

Nah, kali ini ada cerita seru dan sedikit drama tentang KJP Plus Tahap 1 Tahun 2024 Gelombang II yang wajib kalian tahu. Ratusan Ribu Siswa Harus Verifikasi Ulang KJP Plus, Hasilnya Malah KJP Plus Dibatalkan Karena Alasan Nggak Masuk Akal.

Jadi gini, pencairan dana KJP Plus untuk bulan Mei, Juni, dan Juli dimulai tanggal 12 Juli 2024 kemarin. Jumlah penerimanya nggak main-main, guys, mencapai 73.506 siswa! Wah, banyak banget kan?

Tapi, ada yang bikin gempar nih. Dinas Pendidikan DKI Jakarta bilang kalau lebih dari 130.000 penerima KJP Plus tahap 1 gelombang 2 harus menjalani verifikasi ulang. Alhasil, 56.494 siswa dibatalkan penerimaannya. Lah, kok bisa?

Curhatan Orang Tua di Instagram

Di Instagram @upt.p4op, banyak orang tua yang curhat soal pembatalan ini. Alasan mereka pun macem-macem, mulai dari pemakaian listrik yang dianggap melebihi batas hingga punya AC di rumah. Simak deh curhatan mereka yang bikin hati terenyuh:

  • “Min, numpang nanya dong, saya rumah ngontrak trus KJP-nya dibatalin gara-gara terdeteksi listrik 1300 watt. Kan ini ngontrak listrik bareng-bareng, ini juga cuma ngontrak sekamar gimana atuh, huhh,” ucap akun @_rama*****.
  • “Sama dong padahal nggak ada AC, bilangnya ada AC. Survey dari mana, kalo survey atap rumah pake terpal gegara roboh kok nggak tahu,” komentar akun @dewi****.
  • “Sama, alasannya daya listrik 1300 watt rumah layak huni. Padahal tetangga yang rumahnya lebih gede sama punya AC aja masih dapet,” ucap akun @pele***.

Motor dan Kendaraan Bermotor Jadi Masalah?

Nggak cuma itu, ada juga yang mengeluhkan karena punya kendaraan bermotor. Padahal, motor itu kan udah jadi kebutuhan dasar banget ya.

  • “Saya barusan cek di link-nya, masa saya batal menerima KJP. Katanya punya kendaraan bermotor dan rumah ada AC-nya. Ya Allah, semua orang pasti punya kendaraan bermotor. Kok dipersulit banget kalau buat rakyat,” ucap akun @d_sth****.
  • “Sama bun, motor pun saya cuma satu dibilang lebih dari dua. Aneh-aneh aja KJP sekarang,” komentar akun @novian****.

Kriteria Penerima KJP Plus

Buat kalian yang penasaran, ini lho kriteria buat dapat KJP Plus:

  1. Tidak merokok atau konsumsi narkoba.
  2. Orang tua tidak punya penghasilan memadai.
  3. Gunakan angkutan umum untuk mobilitas.
  4. Kemampuan finansial untuk sepatu, seragam, buku, tas, alat tulis, dan konsumsi makanan/jajan rendah.
  5. Akses internet terbatas.
  6. Tidak ikut kegiatan ekstrakurikuler yang butuh biaya tambahan.
  7. Berdomisili di DKI Jakarta dan punya Kartu Keluarga.
  8. Terdaftar di Basis Data Terpadu (BDT) atau sumber data lain yang ditetapkan oleh Gubernur.
  9. Buat surat pernyataan tidak mampu/miskin yang diketahui oleh orang tua serta ketua RT dan RW setempat.
  10. Masih aktif di sekolah di DKI Jakarta.
  11. Diusulkan oleh pihak sekolah.

Jadi, gimana nih menurut kalian? Beneran ribet ya ternyata buat dapat KJP Plus. Semoga aja ke depannya makin adil dan transparan biar nggak ada yang dirugikan. Tetap semangat ya buat kalian yang masih berjuang dapat KJP Plus!

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Liga Champions: Evolusi Sepak Bola Dunia

Sejarah Liga Champions Liga Champions, turnamen sepak bola klub teratas di Eropa, telah melalui transformasi yang signifikan sejak awal hingga...

More Articles Like This

Favorite Post