Minggu, Juli 7, 2024

Malam 1 Suro, Mitos dan Daftar Weton Tulang Wangi yang Sering Dikaitkan dengan Satu Suro

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Halo guys! Lagi-lagi kita bahas soal tradisi dan mitos Jawa nih, yang pastinya selalu bikin penasaran. Kali ini kita ngomongin Malam 1 Suro, kapan jatuhnya, dan apa aja mitos serta weton Tulang Wangi yang sering dikaitkan dengan malam yang keramat ini. Yuk, simak bareng-bareng!

Malam 1 Suro 2024 Tanggal Berapa?

Jadi gini, 1 Suro itu adalah hari pertama dalam kalender Jawa, yang juga jatuh bersamaan dengan 1 Muharram di kalender Hijriah. Untuk tahun 2024, 1 Suro bakal jatuh pada Senin, 8 Juli 2024. Nah, Malam 1 Suro itu sendiri berarti malam sebelum 1 Suro, jadi jatuhnya pada Minggu malam, 7 Juli 2024. Jadi kalau mau ikut tradisi atau sekedar menghormati, siap-siap aja dari malam sebelumnya ya!

Mitos Malam 1 Suro

Dalam budaya Jawa, Malam 1 Suro punya banyak mitos yang sampai sekarang masih dipercaya sama sebagian besar masyarakat. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Pantang Keluar Malam Nah, katanya, di Malam 1 Suro itu banyak makhluk halus berkeliaran. Makanya, banyak yang percaya kalau keluar rumah di malam itu bisa ketemu sama hal-hal yang nggak diinginkan. Jadi mending di rumah aja deh.
  2. Tidak Boleh Membangun Rumah Mitos lainnya, membangun rumah di Malam 1 Suro itu dianggap bisa membawa sial buat yang bakal tinggal di situ. Bulan Suro dianggap keramat dan penuh kesialan, jadi nggak disarankan banget buat mulai proyek bangunan.
  3. Dilarang Menggelar Hajatan Kalau mau ngadain acara besar kayak pernikahan atau pesta lainnya, Malam 1 Suro bukan waktu yang tepat. Banyak yang percaya kalau hajatan di malam itu bisa mendatangkan musibah.
  4. Tolak Bala dengan Sesajen Tradisi ini cukup umum di kalangan masyarakat Jawa. Mereka membuat sesajen dan melakukan ritual tertentu untuk menolak bala dan melindungi diri dari bencana.

Daftar Weton Tulang Wangi

Sekarang kita bahas soal weton Tulang Wangi nih. Weton ini kabarnya punya daya tarik khusus dan aura mistis yang kuat. Mereka yang lahir di hari-hari ini konon bisa berinteraksi atau peka dengan makhluk gaib. Serem tapi menarik ya?

Berikut daftar weton Tulang Wangi:

  1. Senin Kliwon
  2. Senin Wage
  3. Senin Pahing
  4. Selasa Legi
  5. Rabu Pahing
  6. Rabu Kliwon
  7. Kamis Wage
  8. Sabtu Wage
  9. Sabtu Legi
  10. Minggu Pon
  11. Minggu Kliwon

Weton-weton ini sering dikaitkan dengan hal-hal mistis dan konon bisa lebih mudah mengundang roh-roh halus. Jadi, kalau kalian punya weton ini, mungkin bisa lebih waspada di Malam 1 Suro ya.

Itu dia guys, sedikit cerita tentang Malam 1 Suro, mitos-mitos yang menyertainya, dan weton Tulang Wangi. Apapun kepercayaannya, yang penting kita tetap saling menghormati dan menjaga tradisi yang ada. Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian semua. Jangan lupa untuk tetap hati-hati dan jaga diri ya, terutama di Malam 1 Suro nanti! Selamat menjalani Malam 1 Suro!

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Bacaan Injil Katolik Hari Ini Kamis 11 Juli 2024 Lengkap Renungan Harian, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Doa Penutup

Membaca Injil harian dan renungan memegang peranan penting bagi umat Katolik. Dengan melakukan ini, umat Katolik mendekatkan diri pada...

More Articles Like This

Favorite Post