Kamis, September 19, 2024

Heboh! Anita Jacoba Gah Bongkar Masalah Anggaran Rp 15 Triliun di Kemendikbud

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Guys, kemarin suasana rapat Komisi X DPR rame banget! Anggota DPR dari Fraksi Demokrat, Anita Jacoba Gah, ngamuk ke Mendikbud, Nadiem Makarim. Serius, dia sampai nunjuk-nunjuk Nadiem di depan semua orang.

Awalnya, Anita ngomongin anggaran Rp 15 triliun di Kemendikbud. Dia nanya tuh, apa bener anggaran segitu udah dipake dengan baik atau nggak.

“Kita tahu banget ya ada kekurangan anggaran Rp 15 triliun. Tapi, mari kita koreksi diri. Kenapa ini bisa terjadi, jujur sama diri kita sendiri. Itu banyak anggaran yang udah dikasih banyak banget tahun 2024. Apakah udah dipake dengan baik atau belum,” kata Anita di rapat bareng Komisi X DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024).

“Pak Menteri, berulang kali saya bilang bahwa masih banyak masalah dalam realisasi anggaran dan penyerapan anggaran APBN ke daerah,” tambahnya.

Masalah Guru PPPK dan Sekolah Terbengkalai

Anita juga kritik soal guru PPPK yang belum dapat SK padahal udah lulus. Dia bilang hasil pengawasannya, masih banyak sekolah yang bangunannya terbengkalai.

“Sampai sekarang guru PPPK yang udah lulus belum dikasih SK. Provinsi NTT belum, mereka belum terima SK. Terus, guru-guru di daerah terpencil masih banyak yang belum terima juga tunjangannya. Banyak bangunan sekolah yang masih terbengkalai padahal dari 2021 anggarannya udah ada,” jelas Anita.

“Di Kabupaten Kupang ada 17 sekolah yang bangunannya dari 2021 sampai sekarang nggak kelar-kelar. Mau lagi? Dana-dana PIP juga masih bermasalah,” lanjutnya.

Verifikasi Data dan Dugaan Korupsi

Anita juga nggak setuju data rekomendasi yang disampaikan anggota DPR harus diverifikasi sama dinas. Menurut dia, ini ada kekeliruan birokrasi.

“Kita anggota pemangku kepentingan diatur lagi sama Kemendikbud untuk verifikasi oleh dinas. Loh, kementerian mau nggak dilakukan verifikasi sama dinas? Jangan suruh apa yang kita usulkan harus diverifikasi sama dinas. Kita ini lembaga tinggi negara, wakil rakyat. Kita yang menentukan anggaran di Indonesia ini,” tegas Anita.

Minta KPK Periksa Kemendikbud

Lebih lanjut, Anita usul ke pimpinan Komisi X DPR biar KPK memeriksa Kemendikbud. Dia curiga ada tindak pidana korupsi di lembaga tersebut.

“Saya minta kita kasih rekomendasi ke KPK untuk periksa Kemendikbud, karena ini banyak masalah, PIP, KIP, Dana Bos, banyak yang hancur,” kata Anita.

Dia minta anggaran 2021-2023 diperiksa. Dan dia juga usul agar nggak ada penambahan anggaran di Kemendikbud.

“Tolong, kasih rekomendasi ke KPK, periksa dari 2021, 2022, 2023. Nggak usah tambah anggaran kalau banyak korupsi, uang negara habis bukan buat rakyat. Saya marah, Pak Menteri, untuk kesekian kalinya, karena memang ini kenyataannya di lapangan,” tutup Anita.

Gimana guys, rame banget kan rapatnya? Jangan lupa stay tuned buat update berita hot lainnya!

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Indonesia vs Swiss U-16: Pertempuran Strategi dan Taktik di Lapangan Hijau

Perbandingan Timnas U-16 Indonesia dan Swiss: Indonesia Vs Swiss U-16 Indonesia vs Swiss U-16 - Pertandingan persahabatan antara Timnas...

More Articles Like This

Favorite Post