Minggu, Oktober 6, 2024

Niat dan Keutamaan Puasa Arafah 2024, Cek Jadwal Puasa Arafah 2024 Muhammadiyah dan NU

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Hey gengs, lo tau gak sih kalau Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban bakal jatuh pada 10 Dzulhijjah 1445 H, tepatnya Senin, 17 Juni 2024? Nah, di momen spesial ini, umat Muslim bakal melaksanakan berbagai amalan ibadah dari yang sunnah sampai yang wajib. Seru banget kan?

Kita bakal bahas Niat dan Keutamaan Puasa Arafah 2024, Cek Jadwal Puasa Arafah 2024 Muhammadiyah dan NU. Tau kan, kalo sebelum kita ngerayain Idul Adha, puasa yang biasa dilakukan, yaitu puasa Arafah.

Puasa Arafah ini adalah puasa sunnah yang sangat dianjurkan buat kita-kita yang nggak lagi ibadah haji. Kenapa? Karena dengan puasa Arafah, kita bisa ikut ngerasain berkah yang dirasain sama jamaah haji di tanah suci.

Kapan Puasa Arafah?

Puasa Arafah itu puasa sunnah yang highly recommended buat dilaksanain umat Islam. Menurut kalender Hijriah, Puasa Arafah jatuh setiap tanggal 9 Dzulhijjah, sehari sebelum Idul Adha.

Nah, di tahun 2024 ini, kalau kita ikutin hitungan Muhammadiyah, yang pake hisab hakiki, puasa ini bakal dilaksanain pada Minggu, 16 Juni 2024.

Tapi untuk yang ikut NU dan pemerintah, kita tunggu hasil sidang isbat dulu ya, biasanya diadain Jumat, 7 Juni 2024.

Guys, puasa Arafah ini punya keutamaan yang luar biasa. Berdasarkan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Muslim, puasa ini bisa ngapus dosa-dosa kita di tahun lalu dan yang akan datang. Jadi, sayang banget kalau dilewatin, kan?

Bacaan Niat Puasa Arafah

Buat yang pengen ikutan puasa Arafah, ini dia bacaan niatnya dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya:

  • Arab: نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى
  • Latin: Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta’ala.
  • Artinya: “Saya niat puasa Arafah, sunah karena Allah ta’ala”.

So, sobat-sobat gaul, itu dia info lengkap tentang Puasa Arafah 2024. Jangan lupa share ke teman-teman lain biar mereka juga tau dan bisa ikut puasa bareng kita. Stay blessed and keep it cool!

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Hashem Safieddine: Tokoh Penting dalam Politik Lebanon dan Konflik Regional

Hashem Safieddine, nama yang mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, adalah sosok kunci yang memainkan peran penting dalam peta...

More Articles Like This

Favorite Post