Selasa, September 17, 2024

Sadis, Gaji UMR Karyawan Swasta juga akan Dipotong WAJIB untuk TAPERA, Simak Besaran Potongannya!

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Bro sis, lu pada tau ga? Gaji kita yang udah lumayan tipis itu, kayaknya bakal dipotong lagi nih buat ditaro ke tabungan rumah rakyat, yang namanya Tapera. Jadi, kalo lu kerja di Jakarta dan gajinya setara UMR (Upah Minimum Regional) Jakarta, berarti setiap bulan bakal kena potongan sebesar 3% buat dimasukin ke Tapera.

Gimana sih besarnya potongan buat Tapera? Nah, itu udah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2024. Jadi, aturannya, setiap bulan kita harus simpen 3% dari gaji atau upah kita ke Tapera. Ini berlaku buat karyawan kantoran atau yang kerja sendiri juga.

Intinya, kalo gaji kita misalnya setara UMR Jakarta, yang sekitar Rp 5.067.381, berarti tiap bulan kita kudu bayar Rp 126.684 ke Tapera. Jadi, lu kali aja ada gaji segitu, langsung aja hitung, 2,5% dari gaji lu.

Terus, jangan lupa, pemberi kerja juga ikutan bayar. Mereka bakal bayar 0,5% dari gaji lu. Jadi total, buat gaji UMR Jakarta, lu dan pemberi kerja lu masing-masing bakal bayar sekitar Rp 152.020 ke Tapera tiap bulan.

Jadi, dari gaji udah ga gede-gede amat, masih aja dipotong buat ini-itu. Tapi ya mau gimana lagi, aturan memang udah kayak gitu. Biarlah, yang penting tabungan rumah rakyat kita kejaga, kan.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

PSM Makassar vs Arema FC: Duel Sengit Dua Tim Hebat

Sejarah Pertandingan PSM Makassar vs Arema FC PSM Makassar vs Arema FC - Pertemuan PSM Makassar dan Arema FC...

More Articles Like This

Favorite Post