Kamis, September 19, 2024

Inspirasi Harkitnas 20 Mei 2024: Hari Kebangkitan Nasional, Bangkit untuk Indonesia Emas!

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Yo bro sis, pada tanggal 20 Mei ini kita lagi ngerayain Hari Kebangkitan Nasional, atau yang keren banget kita singkat jadi Harkitnas 2024. Nah, Harkitnas ini adalah momen spesial buat kita, loh! Ini adalah hari di mana kita mengenang perjuangan keras bangsa kita, Indonesia, buat dapetin kemerdekaan dari penjajahan.

Jadi, ceritanya nih, tanggal 20 Mei dipilih bukan tanpa alasan. Itu lho, karena tepat pada tanggal itu, ada perkumpulan keren yang namanya Boedi Oetomo. Dibentuk pada tahun 1908 oleh Soetomo, Boedi Oetomo ini jadi satu-satunya organisasi pemuda yang awalnya nggak mungkin, tapi akhirnya jadi nyata.

Nah, ada beberapa alasan kenapa kita bisa bangkit dan berjuang, loh! Pertama, karena kita capek banget sama penjajahan yang udah lama banget. Trus, kita juga punya kenangan kejayaan dari masa lalu, kayak zaman Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit gitu. Terus, muncul juga nih orang-orang pintar yang jadi pimpinan gerakan perjuangan.

Selain itu, ada juga pengaruh dari luar negeri, bro sis! Ada pemikiran-pemikiran baru dari Eropa dan Amerika, kayak nasionalisme, liberalisme, dan sosialisme. Terus, di Asia juga mulai ada gerakan-gerakan kebangkitan, kayak Turki Muda, Kongres Nasional India, dan Gandhisme. Plus, kemenangan Jepang atas Rusia juga jadi semacam pemicu buat negara-negara Asia buat melawan penjajahan.

Dulu, pada awal abad ke-20, orang Indonesia yang bisa sekolah tinggi tuh hampir enggak ada. Tapi seiring berjalannya waktu, berkat kebijakan Politik Etis, kesempatan buat pendidikan tinggi buat orang Indonesia mulai diperluas.

Sampe tahun 1925, pemerintah kolonial mulai fokus buat nambahin pendidikan kejuruan dasar selama tiga tahun. Dan pada tahun 1940, lebih dari 2 juta siswa udah bersekolah. Jadi, bisa dibayangin kan, berkat sekolah-sekolah itu, tingkat melek huruf kita naik banget, sampai 6,3 persen menurut sensus tahun 1930. Sekolah-sekolah Belanda juga buka pintu buat peluang baru, yang ternyata disukai banget sama orang-orang Indonesia.

Tahun ini, tema Harkitnas 2024 kita adalah “Bangkit untuk Indonesia Emas”. Ini maksudnya kita semua harus ngedukung bangsa kita buat jadi lebih baik lagi, dengan semangat dan kekuatan yang kita punya. Keren, kan? Yuk, bangkit bareng!

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

PSG: Dari Klub Sederhana Menuju Raksasa Sepak Bola Dunia

Sejarah PSG Paris Saint-Germain, atau yang lebih dikenal dengan PSG, adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Paris, Prancis....

More Articles Like This

Favorite Post