Sabtu, Oktober 5, 2024

Bikin Merinding! Kasus Lonjakan ‘Lonely Death’ di Jepang Meningkat, Fakta Terkini Mengejutkan

Must Read
1/5 - (1 vote)

Hey guys, tau nggak sih kalau di Jepang lagi heboh banget sama fenomena yang bikin kita miris nih. Bikin Merinding! Kasus Lonjakan ‘Lonely Death’ di Jepang Meningkat, Fakta Terkini Mengejutkan. Fenomena ini dikenal sebagai “Lonely Death” atau kematian kesepian. Bayangin aja, banyak lansia di Jepang yang meninggal sendirian tanpa ada yang menemani.

Menurut laporan dari South China Morning Post, dalam tiga bulan pertama tahun ini aja, ada sekitar 17.034 orang berusia 65 tahun ke atas yang ditemukan meninggal sendirian. Ngeri nggak sih? Mayoritas dari mereka berusia 85 tahun ke atas. Ini jadi masalah besar buat pemerintah Jepang karena banyak lansia yang hidup sendiri.

Apa Itu Lonely Death?

Lonely death atau kematian kesepian adalah kondisi di mana seseorang meninggal sendirian, tanpa ada yang tau. Biasanya jenazah baru ditemukan beberapa hari setelah kematian. Selain di Jepang, fenomena ini juga dilaporkan banyak terjadi di Korea Selatan.

Penyebab Lonjakan Lonely Death di Jepang Apa Aja?

  1. Perubahan Tatanan Keluarga: Dulu, beberapa generasi keluarga tinggal bareng. Sekarang, anak-anak pindah jauh dari orangtua karena pekerjaan.
  2. Menurunnya Angka Pernikahan: Banyak orang, termasuk lansia, yang hidup sendirian.
  3. Harapan Hidup Lebih Panjang: Banyak pasangan lanjut usia, terutama perempuan, hidup sendiri setelah pasangannya meninggal.

Berdasarkan data dari Badan Statistik Korea, hingga saat ini jumlah angka rumah tangga yang beranggotakan tunggal atau hanya satu orang meningkat tinggi.

Rumah tangga tunggal adalah rumah tangga yang hanya terdiri dari satu orang anggota keluarga.

Angka tersebut terbilang melonjak signifikan karena dari yang awalnya 5,39 juta pada tahun 2016, kini menjadi 6,64 juta pada tahun lalu.

Dilansir dari Korea Herald, kini hampir sepertiga rumah tangga tunggal di Korea Selatan.

Lansia Pria Lebih Rentan

Menurut Masataka Nakagawa, seorang peneliti senior di Institut Nasional Penelitian Kependudukan dan Jaminan Sosial, fenomena ini lebih sering terjadi pada pria lansia. Kenapa? Karena perempuan cenderung lebih baik dalam menjaga hubungan dengan keluarga dan tetangga. Jadi, lansia pria yang hidup sendiri cenderung lebih terisolasi.

Fenomena ini bener-bener jadi tamparan buat kita semua. Kita harus lebih peduli sama orang-orang di sekitar, terutama yang udah lanjut usia. Jangan sampe mereka merasa kesepian dan akhirnya meninggal sendirian.

Stay connected, guys! Jangan lupa, kita butuh satu sama lain.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Samsung S24 FE: Ponsel Pintar yang Menawarkan Fitur Premium dengan Harga Terjangkau

Samsung S24 FE, si kecil yang penuh kejutan! Siap-siap terkesima dengan smartphone terbaru dari Samsung ini. Jangan...

More Articles Like This

Favorite Post