Drone Emprit baru aja nge-drop analisis seru nih tentang tingkat interaksi capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan pasangannya, Gibran Rakabuming Raka, di media sosial paling kekinian, TikTok. Meski nomor dua, tapi kebanjiran interaksi, loh! Jadi, apa yang terjadi sih?
Menurut jagoan Drone Emprit, Ismail Fahmi, pasangan ini beneran jadi bintang di TikTok, guys!
Dalam rentang waktu 16-22 Januari, atau H-5 sampai H+1 setelah debat cawapres, paslon Prabowo-Gibran berhasil raih total interaksi terbanyak, nyampe 47 persen!
Woah, keterlibatan geng Prabowo-Gibran di TikTok tuh kenceng banget, banyak bener yang ngelike, ngoment, ngeshare, dan ngelihat kontennya.
BACA JUGA: Sinopsis Film India Welcome Back, Usaha Sepasang Gangster Cari Suami Untuk Adik Perempuan
BACA JUGA: Sinopsis Film Blood Father, Perjuangan Ayah Melindungi Putrinya Dari Inceran Kartel Narkoba
Nih, cekidot data interaksi buat masing-masing capres-cawapres berdasarkan Drone Emprit:
- Anies-Cak Imin (30 persen)
- Unggahan: 793
- Like: 14.531.826
- Komentar: 1.125.804
- Share: 407.267
- Total views: 225.650.503
- Keterlibatan keseluruhan: 241.716.193
- Prabowo-Gibran (47 persen)
- Unggahan: 500
- Like: 22.755.605
- Komentar: 1.164.397
- Share: 445.117
- Total views: 351.692.446
- Keterlibatan keseluruhan: 376.058.065
- Ganjar-Mahfud MD (24 persen)
- Unggahan: 353
- Like: 7.515.438
- Komentar: 695.485
- Share: 194.554
- Total views: 182.545.690
- Keterlibatan keseluruhan: 190.951.520
Fahmi ngejelasin, geng Prabowo-Gibran ini punya konten yang beneran ngehibur, jadi makin banyak yang nyimak, like, dan ngobrolin.
Kehadiran mereka di TikTok emang kece dan efektif banget buat ngga lupa sama Prabowo-Gibran.
Jadi, mungkin aja ini disebabkan oleh konten yang lebih oke atau emang paslon ini punya daya tarik lebih buat penonton TikTok.
Eh, tapi bukan berarti capres-cawapres nomor 1 dan 3, Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud, ngerasa kalah, lho!
Drone Emprit bilang, walaupun kurang kece dari Prabowo-Gibran, tapi keterlibatan mereka tetap signifikan.
Anies-Cak Imin, misalnya, punya like yang banyak banget dan keterlibatan yang oke banget sama penonton TikTok. Sama halnya dengan Ganjar-Mahfud yang aktif banget, terutama di kolom komentar.
Btw, kalau kita liat dari data Continuum INDEF, TikTok emang jadi sosmed andalan Prabowo-Gibran, sementara Twitter lebih banyak kritik.
Gibran khususnya, dikasih label ‘gemoy’, ‘solusi zaman now’, dan ‘savage’, tuh jadi andalan mereka.
Di TikTok, Gibran banyak dibanjiri positif, sementara di Twitter, lebih banyak yang nge-bash. Jadi, beda medsos, beda juga ceritanya.
Nah, jadi gini,gengs! Meski nomor dua, Prabowo-Gibran bisa dibilang berhasil mengguncang TikTok dengan kehadiran dan kontennya yang oke.
Tapi, Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud juga ngga kalah keren, guys! So, tinggal nunggu aja nih, gimana kelanjutan kisah kampanye di dunia maya ini. Stay tuned!