Selasa, September 17, 2024

RAHASIA Lolos CPNS 2024! BKN Pendaftaran CPNS, Simak Syarat dan Trik Pendaftarannya!

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Bro-sis, kabar hot nih! Kementerian PANRB bilang rekrutmen calon abang/mbak ASN (CASN) 2024, termasuk CPNS dan PPPK, bakal digelar bulan Mei 2024.

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, cerita bahwa bakal diumumkan tahap awal rekrutmen CASN 2024 setelah diskusi teknis dengan semua instansi dulu. Plan-nya, tahap awal rekrutmen CASN 2024 dihelat Mei 2024.

“Harapannya, semua kementerian, lembaga, dan pemda bisa nge-upload data di platform digital dari BKN,” kata Anas, dikutip Senin (15/1/2024).

BACA: RAHASIA Lolos CPNS 2024! BKN Pendaftaran CPNS, Simak Syarat dan Trik Pendaftarannya!

Anas juga ngejelasin, Kementerian PANRB dan BKN lagi sibuk bener ngebahas cara perekrutan ASN tahun 2024 agar semakin baik dan tidak kisruh.

“Minggu ini, tim Kementerian PANRB sama BKN sering ngadain meeting, khususnya sama semua kementerian, lembaga, dan pemda, termasuk para ahli kepegawaian,” katanya.

Dia juga ngeyakinin Kementerian PANRB bakal dorong instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah, buat pake formasi yang sudah disusun sebaik-baiknya agar reformasi birokrasi benar-benar bisa jalan. Targetnya, semua usulan instansi pemerintah kelar pada Januari 2024.

TERKAIT: Siap-Siap! CPNS dan PPPK 2024 Butuh Fresh Graduate Banyak Banget, Mulai Sekarang Cek Syarat dan Cara Daftarnya Nih

Presiden Joko Widodo juga udah umumin rekrutmen ASN tahun 2024 secara resmi, loh! Jumat, 5 Januari 2024, dengan total formasi 2,3 juta. Formasi buat instansi pusat ada 429.183, termasuk 207.247 CPNS dan 221.936 PPPK. Buat guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Sementara di instansi daerah, formasi 1.867.333, termasuk 483.575 CPNS dan 1.383.758 PPPK. Buat guru di daerah ada 419.146, tenaga kesehatan 417.196, dan 547.416 buat tenaga teknis. Sekolah kedinasan juga buka 6.027 formasi. Jumlah formasi di daerah lebih gede dari pusat, karena memang ASN di daerah lebih banyak.

Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Aba Subagja, berharap instansi pusat dan daerah masukin data dalam platform digital buat tahap awal.

Nah, pemerintah rencana mau rekrut CASN 2024 maksimal tiga kali setahun. Jadi, dia minta pemerintah segera usulin formasi.

“Kita dorong biar instansi pemerintah, pusat atau daerah, manfaatin formasi sesuai kebutuhan biar reformasi birokrasi bisa optimal lewat peran SDM,” jelasnya.

Soalnya, tahun ini, pemerintah alokasinya gede buat para fresh graduate ikutan seleksi, juga buat dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis, termasuk talenta digital, dan sektor lain yang penting.

Nah, buat yang mau daftar CPNS 2024, ada syarat dokumen yang harus disiapin:

SYARAT DOKUMEN PENDAFTARAN CPNS 2024

  • Kartu keluarga
  • KTP atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  • Ijazah
  • Transkrip Nilai
  • Pas foto
  • Swafoto/selfie
  • Dokumen lain sesuai dengan aturan jenis seleksi dan instansi yang mau dilamar.

Cara daftar CPNS 2024

Yaitu:

  1. Buka situs resmi SSCASN di sscasn.bkn.go.id
  2. Buat akun pake nomor KTP
  3. Login dengan masukin NIK sebagai username dan password yang udah didaftarin
  4. Isi data diri
  5. Pilih jenis seleksi dan jabatan sesuai pendidikan
  6. Lengkapi data pendidikan
  7. Upload dokumen persyaratan
  8. Cek apakah semua udah lengkap
  9. Cetak kartu informasi dan kartu pendaftaran
  10. Tim verifikasi bakal ngecek dokumen lo
  11. Kalo lolos seleksi administrasi, cetak kartu ujian di akun SSCASN
  12. Panitia seleksi bakal ngumumin info kelulusan
  13. Urus berkas dan dapatkan NIP.

Yuk, persiapkan diri buat jadi bagian dari ASN kece di tahun 2024!

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Luca Salvadori: Sutradara Italia dengan Sentuhan Unik

Luca Salvadori: Sutradara Italia yang Menaklukkan Hati Penonton Luca Salvadori adalah seorang sutradara film Italia yang telah mengukir namanya di...

More Articles Like This

Favorite Post