Selasa, September 17, 2024

Jangan Ketik 4 Karakter Ini di iPhone, Bisa Bikin Perangkatmu Crash!

Must Read
4/5 - (1 vote)

Bro, ada bug baru nih yang bikin iPhone dan iPad bisa crash cuma gara-gara lo ngetik empat karakter aja. Jadi ceritanya, ada peneliti keamanan yang nemuin kalo lo ketik karakter “”:: di iPhone, Springboard (itu lho, yang ngatur tampilan utama) bisa langsung nge-freeze. Tapi menurut TechCrunch, lo cuma perlu ngetik “” diikuti karakter apa aja, langsung deh iPhone lo crash!

Bug ini terjadi pas lo ketik karakter itu di kolom Search di aplikasi Settings. Gak cuma itu, kalo lo swipe ke home screen paling kanan terus ketik di App Library, crash-nya juga bisa kejadian, bro.

Nah, 9to5Mac juga udah ngetes ini di beberapa iPhone dengan iOS yang beda-beda. Di iOS 17 terbaru, bug ini bikin Springboard crash dan iPhone jadi ‘soft reboot’. Tapi kalo di iOS 18 sama 18.1, Spotlight Search jadi freeze sebentar, tapi gak sampai bikin Springboard crash total.

Peneliti keamanan iOS, Ryan Stortz, bilang kalo bug ini sebenernya bukan masalah keamanan serius. Patrick Wardle, peneliti iOS lainnya, juga setuju sama statement ini. Yang penting, bug ini cuma terjadi kalo lo ketik karakternya manual di iPhone sendiri, beda sama bug tahun 2020 yang bikin Twitter crash gara-gara karakter tertentu.

Apple sendiri belum kasih komentar apa-apa soal bug ini. Biasanya sih mereka bakal cepet-cepet rilis update buat nutup celah kayak gini.

Oh iya, ini bukan pertama kalinya iPhone kena masalah kayak gini. Lo inget kan bug ‘Effective Power’ tahun 2015 yang bikin Messages crash dan iPhone reboot cuma gara-gara nerima SMS? Nah, mirip-mirip lah sama itu. Jadi, hati-hati aja, bro!

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Luca Salvadori: Sutradara Italia dengan Sentuhan Unik

Luca Salvadori: Sutradara Italia yang Menaklukkan Hati Penonton Luca Salvadori adalah seorang sutradara film Italia yang telah mengukir namanya di...

More Articles Like This

Favorite Post