Jumat, September 6, 2024

Teks Misa Katolik Perayaan Ekaristi 21 Juli 2024-Hari Minggu Biasa XVI, Lengkap Bacaan Injil dan Renungan Katolik

Must Read
4/5 - (4 votes)

Mari kita simak Teks Misa Katolik Perayaan Ekaristi Minggu Tanggal Minggu 21 Juli 2024 merupakan Hari Minggu Biasa XVI, Daniel, Nabi, Santo Laurensius dari Brindisi, Imam dan Pujangga Gereja, Santo Viktor dari Marseilles, Martir, dengan Warna Liturgi Hijau.

Mari kita mempersembahkan diri kita dengan iman yang teguh kepada Tuhan mengikuti Perayaan Ekaristi hari ini.

Marilah kita bersama-sama menyanyikan LAGU PEMBUKA (Pastor, Prodiakon, Lektor, Misdinar masuk).

BACA JUGA: Bacaan Injil Katolik Hari Ini Minggu 21 Juli 2024 Lengkap Renungan Harian, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Doa Penutup

RITUS PEMBUKA
PERARAKAN MASUK

NYANYIAN PEMBUKA

TANDA SALIB DAN SALAM

P. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U. Amin
P. Semoga Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus bersamamu
U. Dan bersama rohmu

PENGANTAR

Saudara-saudari terkasih dalam Kristus,

Hari ini, kita bersama-sama berkumpul untuk merayakan Misa Kudus. Mari kita merenungkan betapa besar kasih dan belas kasihan Tuhan bagi kita. Seperti yang disampaikan dalam kutipan ini, Tuhan telah mengutus Nabi Daniel untuk membawa kabar keselamatan. Kita, umat-Nya, juga diberi perutusan sebagai nabi untuk menjadi saksi di tengah masyarakat kita. Semoga di mana pun kita diutus, kita dapat mewartakan Kabar Gembira keselamatan-Nya.

Kasih dan belas kasihan merupakan panggilan kita sebagai umat beriman, seperti Yesus yang tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak. Mari kita luangkan waktu untuk memperhatikan dan membantu mereka yang membutuhkan di tengah kesibukan hidup kita (hening).

SERUAN TOBAT

P. Saudara-saudari, marilah mengakui dosa-dosa kita, supaya kita layak merayakan misteri suci ini.

P. Tuhan Yesus Kristus, sabda kekal yang menjelma Engkau telah memilih Bunda Maria menjadi bunda-Mu yang tak bernoda, bebaskanlah kami dari noda dosa.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami

P. Tuhan Yesus Kristus, Penebus dunia melalui malaikat Gabriel, Engkau meminta kesediaan Bunda Maria untuk menerima Engkau di dalam rahimnya. Buatlah hati kami tanggap menerima Engkau.
K. Kristus, kasihanilah kami
U. Kristus, kasihanilah kami

P. Tuhan Yesus Kristus, Allah Putra, melalui Bunda Maria, Engkau menjadi manusia. Curahkanlah rahmat-Mu ke dalam hati kami.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami.

P. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin.

MADAH KEMULIAAN
K. Kemuliaan kepada Allah di surga.

U. Dan damai di bumi kepada orang yang berkenan pada-Nya.
K. Kami memuji Dikau
U. Kami meluhurkan Dikau
K. Kami menyembah Dikau
U. Kami memuliakan Dikau
K. Kami bersyukur kepada-Mu, karena kemuliaan-Mu yang besar.
U. Ya Tuhan Allah, Raja surgawi, Allah Bapa yang mahakuasa
K. Ya Tuhan Yesus Kristus, Putra yang tunggal,
U. Ya Tuhan Allah, Anak domba Allah, Putra Bapa.
K. Engkau yang menghapus dosa dunia
U. Kasihanilah kami
K. Engkau yang menghapus dosa dunia
U. Kabulkanlah doa kami
K. Engkau yang duduk di sisi Bapa,
U. Kasihanilah kami.
K. Kar’na hanya Engkaulah Kudus.
U. Hanya Engkaulah Tuhan
K. Hanya Engkaulah mahatinggi, ya Yesus Kristus
U. Bersama dengan Roh Kudus dalam kemuliaan Allah Bapa. Amin.

COLLECTA

P. Marilah kita berdoa:

Ya Allah, melalui Yesus Kristus, Putra-Mu, Engkau telah menggembalakan kami, kawanan-Mu. Semoga kami hidup sebagai kawanan yang selalu beratu dan tekun mendengarkan Sabda Putera-Mu serta melaksanakannya dalam hidup kami sehari-hari. Sebab, Dialah Tuhan dan Pengantara kami, yang bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, sepanjang segala masa. Amin

U. Amin.
LITURGI SABDA

Bacaan Pertama Yer 23:1-6

Aku akan mengumpulkan sisa-sisa kambing domba-Ku, dan Aku akan mengangkat gembala-gembala atas mereka.

Beginilah firman Tuhan,”Celakalah para gembala yang membiarkan kambing domba gembalaan-Ku hilang dan terserak!” Sebab itu beginilah firman Tuhan, Allah Israel, terhadap para gembala yang menggembalakan bangsaku, “Kamu telah membiarkan kambing domba-Ku terserak dan tercerai-berai; kamu tidak menjaganya.

Maka ketahuilah, Aku akan membalaskan kepadamu perbuatan-perbuatanmu yang jahat, demikianlah firman Tuhan. Aku sendiri akan mengumpulkan sisa-sisa kambing domba-Ku dari segala negeri ke mana Aku mencerai-beraikan mereka, dan Aku akan membawa mereka kembali ke padang mereka; mereka akan berkembang biak dan bertambah banyak.

Aku akan mengangkat atas mereka gembala-gembala yang akan menggembalakan mereka, sehingga mereka tidak takut lagi, tidak terkejut dan tidak hilang seekor pun, demikianlah firman Tuhan.

Sesungguhnya, waktunya akan datang, bahwa Aku akan menumbuhkan Tunas adil bagi Daud. Ia akan memerintah sebagai raja yang bijaksana, dan akan melakukan keadilan dan kebenaran di negeri. Dalam zamannya Yehuda akan dibebaskan, dan Israel akan hidup dengan tenteram; dan inilah nama yang diberikan orang kepadanya: Tuhan – keadilan – kita.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan Mzm 23:1-3a.3b-4.5.6

Ref: Tuhanlah gembalaku, aku takkan berkekurangan.

Tuhanlah gembalaku, aku takkan berkekurangan. Ia membaringkan daku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; dan menyegarkan jiwaku.

Ia menuntun aku di jalan yang lurus, demi nama-Nya yang kudus. Sekalipun berjalan dalam lembah yang kelam, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku. Tongkat gembalaan-Mu, itulah yang menghibur aku.

Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan segala lawanku. Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak, pialaku penuh melimpah.

Kerelaan dan kemurahan-Mu mengiringi aku seumur hidupku. Aku akan diam di dalam rumah Tuhan sepanjang masa.

Bacaan Kedua Ef 2:13-18

Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak.

Saudara-saudara, di dalam Kristus Yesus kamu yang dahulu ‘jauh’ sekarang sudah menjadi ‘dekat’ oleh darah Kristus. Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua belah pihak, dan yang telah merobohkan tembok pemisah, yaitu permusuhan.

Sebab dengan wafat-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya. Dengan demikian Ia mengadakan damai sejahtera.

Dalam satu tubuh Ia mendamaikan keduanya dengan Allah oleh salib, dengan melenyapkan permusuhan pada salib itu. Ia datang dan memberitakan damai sejahtera kepada kamu yang ‘jauh’ dan kepada mereka yang ‘dekat’. Sebab oleh Dia kita, kedua pihak, beroleh jalan masuk kepada Bapa dalam satu Roh.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

Bait Pengantar Injil Yoh 10:27

Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku, sabda Tuhan. Aku mengenal mereka, dan mereka mengikuti Aku.

Bacaan Injil Mrk 6:30-34

Mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala.

Sekali peristiwa Yesus mengutus murid-murid-Nya mewartakan Injil. Setelah menunaikan perutusannya, mereka kembali berkumpul dengan Yesus dan memberitahukan kepada-Nya semua yang mereka kerjakan dan ajarkan.

Lalu Yesus berkata kepada mereka, “Marilah kita pergi ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian, dan beristirahatlah sejenak!” Sebab memang begitu banyak orang yang datang dan pergi, sehingga makan pun mereka tidak sempat.

Maka pergilah mereka mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi. Tetapi pada waktu mereka bertolak, banyak orang melihat, dan mereka mengetahui tujuannya, dan mereka malah mendahului Yesus dan murid-murid-Nya.

Ketika mendarat, dan melihat jumlah orang yang begitu banyak, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Lalu mulailah Ia mengajarkan banyak hal kepada mereka.

Demikianlah Injil Tuhan.

U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik Minggu 21 Juli 2024 (Homili)

Saudara-saudari yang terkasih dalam Kristus, dalam bacaan Injil hari ini, kita melihat bagaimana Yesus tergerak oleh belas kasihan ketika melihat orang banyak yang datang kepada-Nya. Mereka seperti domba tanpa gembala, mencari arah dan pengharapan.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, mungkin kita sering merasa lelah, bingung, dan kehilangan arah, seperti domba yang tersesat. Namun, Yesus mengundang kita untuk datang kepada-Nya, mencari ketenangan dan mendapatkan bimbingan. Dia adalah Gembala yang baik, yang selalu peduli dan siap menuntun kita.

Bacaan pertama dari Kitab Yeremia mengingatkan kita akan tanggung jawab para pemimpin dan gembala. Allah mengecam para gembala yang lalai menjaga umat-Nya, yang membiarkan domba-domba-Nya terserak. Allah berjanji untuk mengangkat gembala-gembala yang baik, yang akan menjaga dan memelihara umat-Nya. Ini adalah panggilan bagi kita semua, terutama mereka yang diberi tanggung jawab memimpin, untuk menjadi gembala yang baik, memperhatikan dan merawat sesama dengan penuh kasih dan tanggung jawab.

Dalam bacaan kedua dari surat Efesus, kita diingatkan bahwa Yesus adalah damai sejahtera kita. Melalui pengorbanan-Nya, Ia telah menyatukan yang terpisah, menghapuskan permusuhan, dan membawa damai sejahtera. Di dunia yang sering kali terpecah belah oleh perbedaan dan konflik, kita diajak untuk menjadi pembawa damai, meneladani Kristus yang telah meruntuhkan tembok pemisah. Kita dipanggil untuk hidup dalam kesatuan dan harmoni, membangun komunitas yang saling mengasihi dan menghargai.

Pesan Penting Buat Kita Semua,

  1. Kasih dan Belas Kasihan: Seperti Yesus yang tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak, kita juga dipanggil untuk memiliki hati yang penuh kasih dan belas kasihan terhadap sesama. Dalam kehidupan yang sibuk dan penuh tantangan, mari kita luangkan waktu untuk memperhatikan dan membantu mereka yang membutuhkan.
  2. Tanggung Jawab Sebagai Gembala: Bagi mereka yang memiliki tanggung jawab sebagai pemimpin, baik di gereja, keluarga, maupun masyarakat, bacaan ini mengingatkan kita akan pentingnya menjadi gembala yang baik. Kita harus menjaga dan merawat sesama dengan penuh kasih dan tanggung jawab, menghindari sikap acuh tak acuh.
  3. Damai Sejahtera dan Kesatuan: Kristus telah mempersatukan kita dan menghapuskan segala permusuhan. Kita dipanggil untuk menjadi pembawa damai, membangun kesatuan dan harmoni di tengah perbedaan. Dalam keluarga, gereja, dan masyarakat, mari kita berusaha untuk hidup rukun dan saling menghargai.

Semoga renungan ini membantu kita semakin mendalami iman kita dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tuhan memberkati kita semua. Amin.

SYAHADAT PARA RASUL

P+U. Aku percaya akan Allah, Bapa yang mahakuasa,
pencipta langit dan bumi.
Dan akan Yesus Kristus, Putra-Nya yang tunggal, Tuhan kita.
Yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh perawan Maria.

Yang menderita sengsara, dalam pemerintahan Pontius Pilatus,
disalibkan, wafat dan dimakamkan.
Yang turun ketempat penantian,
pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati.
Yang naik ke surga,
duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang mahakuasa.
Dari situ Ia akan datang mengadili orang hidup dan mati.
Aku percaya akan Roh Kudus,
Gereja Katolik yang kudus, persekutuan para kudus,
pengampunan dosa, kebangkitan badan, kehidupan kekal. Amin.

BACA JUGA: Kalender Liturgi Katolik Bulan Juli 2024 Lengkap Daftar Bacaan Injil dan Warna Liturgi

DOA UMAT

P: Begitu besarlah belas kasih Allah kepada kita, umat-Nya. Marilah kita memanjatkan doa kepada Allah Bapa kita yang amat menyayangi kita dan takkan pernah meninggalkan kita.

L: Bagi kesatuan Gereja. Semoga Bapa menyatukan umat yang mengimani Kristus, Putra-Nya, untuk selalu mengutamakan belas kasih dan persaudaraan sejati di atas kepentingan-kepentingan kelompok dan perbedaan yang ada di antara kami. Marilah kita mohon.

U: Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L: Bagi kerukunan umat beragama. Semoga kerukunan di antara umat beragama dalam masyarakat kami semakin nyata berkat penggembalaan-Nya dan kita tetap bertekun mengembangkan persaudaraan sejati terhadap setiap orang di dunia ini. Marilah kita mohon.

U: Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L: Bagi anak-anak terlantar. Semoga anak-anak terlantar menemukan tempat tinggal dan cinta kasih sejati. Marilah kita mohon.

U: Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L: Bagi kita bersama. Semoga kita selalu bersikap rendah hati dan mau belajar dari orang lain demi perkembangan hidup kita, dan selalu tulus serta bersemangat dalam membangun kerja sama dengan orang lain demi kesejahteraan bersama. Marilah kita mohon.

U: Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

P: Allah Bapa Yang Maha Esa, Engkau menghendaki kami hidup rukun dan bersatu. Oleh karena itulah Engkau mengutus Putra-Mu. Perkenankanlah Kerajaan damal dan cinta kasih-Nya berkembang sekarang. Amin.

KOLEKTE
PERSIAPAN PERSEMBAHAN
DOA ATAS PERSEMBAHAN
P. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
P.  Ya Allah, semoga berkat roti dan anggur yang kami persembahkan kepada-Mu ini, kami memperoleh kekuatan baru untuk memperoleh hidup sebagai Umat Pilihan-Mu dan melaksanakan tugas perutusan kami masing-masing. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.
PREFASI, KUDUS, DOA SYUKUR AGUNG
PREFASI

P. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
P. Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan
U. Sudah kami arahkan
P. Marilah bersyukur kepada Tuhan, Allah kita
U. Sudah layak dan sepantasnya.kepada Tuhan, Allah kita
P. Sungguh….

  • KUDUS
  • DOA SYUKUR AGUNG

BAPA KAMI

P. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa
P+U. Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.P. Tuhan, kami mohon, bebaskanlah kami dari segala yang jahat, sudilah memberi damai pada hari-hari kami, supaya, kami yang telah dikuatkan oleh kelimpahan belaskasih-Mu, selalu bebas dari dosa, dan aman dari setiap gangguan: sambil menantikan harapan yang membahagiakan dan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.
U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.
DOA DAMAI
P. Tuhan Yesus Kristus, Engkau telah bersabda kepada para Rasul-Mu, Damai-Ku Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu, janganlah memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan berilah damai dan kesatuan sesuai dengan kehendak-Mu, Engkau yang hidup dan meraja sepanjang segala masa.
U. Amin.

P. Semoga damai Tuhan selalu bersamamu
U. Dan bersama rohmu.

P. Berilah damai satu sama lain.
ANAK DOMBA ALLAH  
PERSIAPAN KOMUNI
Ajakan menyambut Komuni
P.  Lihatlah Anak Domba Allah, lihatlah Dia yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah Saudara-Saudari yang diundang ke perjamuan Anak Domba.
U. Tuhan, saya tidak pantas, Engkau datang kepada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.
KOMUNI

DOA SESUDAH KOMUNI

P. Marilah kita berdoa:

Ya Allah, kami bersyukur karena Putra-Mu telah menjadi tuan rumah sekaligus hidangan atas perjamuan kudus yang boleh kami ikuti ini. Semoga Ia pun senantiasa tinggal bersama kami dan menjadi gembala kami sehingga kami selalu merasa aman dan tentram di dunia ini sampai kami Kauperkenankan mengalami ketentraman abadi di surga. Sebab, Dialah Tuhan dan penyelamat kami, kini dan sepanjang masa.

U. Amin.
PENGUMUMAN
RITUS PENUTUP
BERKAT   -berdiri-
P. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
P.  Semoga Allah yang Mahakuasa memberkati Saudara sekalian, Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus
U. Amin.
   
PENGUTUSAN
P. Saudara-saudari, pergilah dalam damai sambil memuliakan Tuhan dengan hidupmu.
U. Syukur kepada Allah.
PERARAKAN KELUAR
Lagu Penutup

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Gibran Rakabuming Raka di Kaskus: Jejak Digital Sang Putra Presiden

Gibran Rakabuming Raka Kaskus - Siapa sangka, Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo, ternyata punya jejak...

More Articles Like This

Favorite Post