Senin, Juli 8, 2024

Bacaan Injil Katolik Hari Ini Rabu 10 Juli 2024 Lengkap Renungan Harian, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Doa Penutup

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Membaca Injil harian dan renungan memegang peranan penting bagi umat Katolik. Dengan melakukan ini, umat Katolik mendekatkan diri pada Tuhan setiap hari, memperkuat iman, dan membentuk karakter Kristiani.

Renungan harian juga memberikan ketenangan batin dalam kehidupan yang sibuk, sambil memberikan panduan moral. Waktu pribadi dengan Tuhan melalui Injil harian menciptakan momen spiritual yang mendalam.

Selain itu, membaca Injil mendorong umat Katolik untuk menyadari panggilan misioner dan memperkaya hubungan dengan sesama.

Saudara-saudari terkasih, hari ini kita masuk pada Bacaan Injil Katolik dan Renungan Harian Katolik buat Rabu 10 Juli 2024.

Kalender Liturgi hari ini Rabu 10 Juli 2024 merupakan Hari Rabu  Biasa XIV, Santa Felisitas bersama ketujuh anaknya, Martir, Santa Rufina dan Secunda, Martir, Santo Erik IX, Martir, Santo Kanut IV, Martir, Santo Olaf II, Martir, Santa Veronika Yuliani, Biarawati, dengan Warna Liturgi Hijau.

Yuk, kita simak Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik pada hari Rabu 10 Juli 2024:

Bacaan Pertama Hos. 10:1-3,7-8,12

Israel adalah pohon anggur yang riap tumbuhnya, yang menghasilkan buah. Makin banyak buahnya, makin banyak dibuatnya mezbah-mezbah. Makin baik tanahnya, makin baik dibuatnya tugu-tugu berhala.

Hati mereka licik, sekarang mereka harus menanggung akibat kesalahannya: Dia akan menghancurkan mezbah-mezbah mereka, akan meruntuhkan tugu-tugu berhala mereka. Sungguh, sekarang mereka berkata: “Kita tidak mempunyai raja lagi, sebab kita tidak takut kepada Tuhan.

Apakah yang dapat dilakukan raja bagi kita?” Samaria akan dihancurkan; rajanya seperti sepotong ranting yang terapung di air. Bukit-bukit pengorbanan Awen, yakni dosa Israel, akan dimusnahkan. Semak duri dan rumput duri akan tumbuh di atas mezbah-mezbahnya.

Dan mereka akan berkata kepada gunung-gunung: “Timbunilah kami!” dan kepada bukit-bukit: “Runtuhlah menimpa kami!” Menaburlah bagimu sesuai dengan keadilan, menuailah menurut kasih setia! Bukalah bagimu tanah baru, sebab sudah waktunya untuk mencari Tuhan, sampai Ia datang dan menghujani kamu dengan keadilan.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan Mzm 105:2-3,4-5,6-7

Ref. Carilah selalu wajah Tuhan.

Bernyanyilah bagi Tuhan, bermazmurlah bagi-Nya, percakapkanlah segala perbuatan-Nya yang ajaib! Bermegahlah dalam nama-Nya yang kudus, biarlah bersukahati orang-orang yang mencari Tuhan.

Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah selalu wajah-Nya! Ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukan-Nya, mukjizat dan ketetapan-ketetapan yang diucapkan-Nya.

Hai anak cucu Abraham, hamba-Nya, hai anak-anak Yakub, pilihan-Nya! Dialah Tuhan, Allah kita, ketetapan-Nya berlaku di seluruh bumi.

Bait Pengantar Injil Mrk 1:15

Ref. Alleluya, alleluya, alleluya.

Kerajaan Allah sudah dekat; bertobatlah dan percayalah kepada Injil.

Bacaan Injil Mat 10:1-7

Pada suatu hari Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi mereka kuasa untuk mengusir roh-roh jahat dan melenyapkan segala penyakit serta segala kelemahan.

Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas, saudaranya; Yakobus, anak Zebedeus dan Yohanes, saudaranya; Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius, pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Yesus.

Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus, dan Ia berpesan kepada mereka, “Janganlah kalian menyimpang ke jalan bangsa lain, atau masuk ke dalam kota Samaria , melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel . Pergilah dan wartakanlah, ‘Kerajaan Surga sudah dekat’.”

Demikianlah Injil Tuhan.

U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik Rabu 10 Juli 2024

Kedua bacaan hari ini mengajarkan kita tentang panggilan untuk mewartakan Kerajaan Surga dan pentingnya mencari Tuhan dengan setia serta menolak penyembahan berhala. Dalam Injil Matius, Yesus memberikan kuasa kepada para murid-Nya untuk menyembuhkan dan mengusir roh jahat, sekaligus memerintahkan mereka untuk mewartakan bahwa Kerajaan Surga sudah dekat.

Sementara itu, dalam Bacaan Pertama dari kitab Hosea, kita melihat Israel yang diberkati namun jatuh dalam penyembahan berhala, diingatkan untuk kembali kepada Tuhan dengan keadilan dan kasih setia.

Saudara-saudari yang terkasih dalam Kristus, marilah kita merenungkan pesan dari kedua bacaan ini dalam kehidupan kita sehari-hari. Tuhan memanggil kita, sama seperti Ia memanggil kedua belas rasul, untuk menjadi pewarta-pewarta kasih-Nya di dunia ini. Kita diberikan kuasa dan rahmat melalui Sakramen Baptis dan Penguatan untuk melawan kejahatan dan menyebarkan kabar baik tentang Kerajaan Allah yang telah dekat.

Namun, kita juga diingatkan akan bahaya penyembahan berhala modern dalam bentuk ketamakan, materialisme, dan keserakahan. Sama seperti Israel yang diberkati dengan kelimpahan namun melupakan Tuhan, kita juga bisa tergoda untuk mencari keamanan dan kebahagiaan dalam hal-hal duniawi. Hosea mengingatkan kita bahwa hanya dengan menabur keadilan dan menuai kasih setia, kita bisa benar-benar mencari dan menemukan Tuhan dalam hidup kita.

Dalam kehidupan zaman sekarang, di mana teknologi dan kemajuan material seringkali menjadi fokus utama, kita diajak untuk tidak melupakan nilai-nilai spiritual dan moral. Marilah kita membuka hati dan tanah baru dalam hidup kita untuk mencari Tuhan. Carilah Dia dalam doa, dalam Sakramen, dan dalam pelayanan kasih kepada sesama.

Dengan demikian, kita tidak hanya menjadi pendengar firman, tetapi juga pelaku firman yang setia. Semoga kita selalu diberkati dan dijaga dalam cinta kasih-Nya, serta selalu diberi kekuatan untuk mewartakan Kerajaan Surga dalam setiap tindakan dan kata-kata kita. Amin.

Doa Penutup

Tuhan yang Mahakasih, tuntunlah kami untuk setia pada-Mu. Berikan kami kekuatan melawan kejahatan dan hindari penyembahan berhala. Bantulah kami mencari Engkau dalam doa dan pelayanan, agar kami dapat mewartakan Kerajaan Surga dengan kasih setia. Amin.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Angsuran KUR BRI 2024, Pinjaman 100 Juta, Cek Syarat dan Tabel Terbaru

Yo, sobat-sobat! Buat lo yang lagi nyari info soal angsuran KUR BRI 2024, gue udah siapin nih artikel lengkap...

More Articles Like This

Favorite Post